Sabtu, 14 September 2013

Calon TV Lokal di Jawa Timur Yang Mungkin Berjaringan Dengan Sindo TV


Siapa yang tidak mau tahu apa itu Sindo TV? Ya, menurut orang - orang, TV ini hadir di Indovision (ch. 83) , Okevision (ch. 101) , dan Top TV (ch.83). Bagi anda yang tidak punya prabola tersebut, anda dapat menyaksikan siarannya di antena terrestrial di beberapa kota/kabupaten di Indonesia. Berikut tentang TV Lokal di Jawa Timur yang mungkin menjadi calon TV berjaringan Sindo TV:

Malang (Gajayana TV)

TV ini merupakan TV murni di Malang dan sekitarnya. Program-program yang akan ditayangkan di GAJAYANA TV secara umum tidak berbeda jauh dengan TV lokal lain, namun pengemasan GAJAYANA TV nampak jauh berbeda dengan TV lokal lain. GAJAYANA TV saya rasa bisa memberikan warna lain untuk dunia pertelevisian lokal di Malang Raya.

Sederetan program yang akan ditayangkan berfokus pada masyarakat Malang Raya. Nampak program-program yang begitu dekat dengan masyarakat siap dihadirkan. Idenya sangat sederhana, tapi cukup mengena. Masyarakat Malang Raya di luar Kota Malang dikenal begitu agraris, hadir program Budidaya Flora. Perkembangan Kota Malang yang mengarah ke kota modern, nampaknya akan masuk dalam program Citra Kota. Jembatan antara masyarakat dan pemerintah dan juga keakraban penduduk desa, menjadi gambaran yang saya tangkap dari promo program Balai Desa. Program yang dekat dengan anak sekolah, disiapkan dalam Lonceng Sekolah. Banyak lagi program yang lain, semuanya masih berlabel segera, tapi mampu menarik perhatian saya.

Yang juga sangat menarik bagi saya adalah program Dialog Khusus. Program ini disiapkan untuk bersaing dengan program sejenis yang bisa saya bilang tayang pada jam yang kurang menguntungkan (bukan berarti benar-benar kehilangan penonton, hanya jamnya saja yang kurang bagus). Sebut saja program I Love Malang Raya atv yang tayang pada pukul 10.00-12.00 pagi WIB, jam ini bukanlah jam tayang utama. Begitupun Bincang-Bincang di jtv malang, tayang pada pukul 4.30-5.30 siang/sore WIB Selasa dan Jumat, jam ini masih cukup menguntungkan karena jam ini bagian dari primetime lokal. Tapi GAJAYANA TV menyiarkan Dialog Khusus ini pada pukul 8.00-9.00 malam WIB, jam utama, walaupun hanya pada hari Senin. Program ini tentunya akan secara langsung bersaing dengan Apa Kabar Indonesia Malam tvOne.

Sebenarnya atv dahulu memiliki program dialog yang punya jam tayang yang lebih menguntungkan pada pukul 3.30-4.30 siang/sore WIB, Dinamika KWB yang berfokus pada Kota Wisata Batu. Tapi program ini menghilang dan berganti dengan 1001 Malang Raya, program yang tidak jauh berbeda dengan tayangan sejenis di kota lain pada jaringan KOMPASHD, yang menayangkan infomercial yang sangat lokal seperti restoran, hotel, dan beberapa lainnya. Nampaknya KOMPASHD semakin kuat dalam mengintervensi program TV lokalnya, otonomi seakan hilang di jaringan KOMPASHD.

Kembali ke GAJAYANA TV. Televisi yang sudah menguasai frekwensi 28 UHF sejak beberapa tahun terakhir ini mulai mengudara pada pukul 5.30 pagi WIB, menjadi TV murni lokal paling pagi di Malang Raya. DHAMMA TV memulai siaran pada 5.40 pagi WIB, dan Malang TV pada 6.00 pagi WIB, sedangkan ftv pada pukul 9.00 pagi WIB. Namun untuk durasi terpanjang masih dipegang oleh Malang TV dengan 18 jam, berakhir pada pukul 12.00 malam WIB, sedangkan GAJAYANA TV mengakhiri siaran pada pukul 9.30 malam WIB.

Secara teknis GAJAYANA TV sudah baik, terbukti mampu menyiarkan siaran langsung Dialog Khusus dengan gambar yang cukup jernih, setara dengan jtv malang dan Malang TV, di atas atv dan Batu tv, dan jauh di atas DHAMMA TV yang gambar siaran langsungnya buram. Semoga saja GAJAYANA TV mampu mempertahankan program-program yang ada, atau lebih bagus jika lebih berkembang lagi. Selamat mengudara untuk GAJAYANA TV, yang berslogan Bersama Kita Berjaya itu.

Walau saya bukan warga Malang, saya harap GAJAYANA TV bisa menjadi calon jaringan di Sindo TV di kawasan Malang Raya. Dengan syarat, mengurus surat izin siaran jaringan di KPID Jawa Timur/Malang. Dan sinyal kuat.

Kediri (Dhoho TV)

TV lokal di Kediri yang hadir di UHF 23 ini, merupakan TV yang pernah menyiarkan basket NBA beberapa tahun yang lalu. TV ini saya pilih sebagai calon jaringan Sindo TV di wilayah Kediri dan sekitarnya.

Dhoho TV bisa ikut SINDO TV. Dengan berbagai cara, yaitu gambar dan suara jernih , logo terserah mau dibuat seperti Sindo TV atau tetap menggunakan logo yang lama. Karena, TV ini rasanya banyak acara yang kurang baik. Misal, dangdut , kisah berbau SARA, dsb.


Saya memang kurang tahu Dhoho TV mengudara dari pukul berapa. Beberapa hari yang lalu, ketika saya posisi di Kota Kediri, Dhoho TV mengakhiri siaran pukul 12 malam atau 1 dinihari.


Seandainya jika Dhoho TV mau berjaringan dengan Sindo TV, caranya adalah gambar dan suara lebih stabil, acaranya harus cocok dan mendidik dan harus mampu membagi waktu siaran antara Dhoho TV dan SINDO TV.


Pulau Madura (Madura Channel)

Saya agak kurang paham, TV ini berpusat siaran di Madura bagian mana. Karena di kawasan Bangkalan juga banyak mendapat kanal TV dari Surabaya. Saya pilih di pulau garam ini, ada TV berjaringan.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia Indonesia, kawasan Madura hanya memiliki 1 TV lokal. Ya, Madura Channel ini dan tidak ada yang lainnya. Maka, saya pilih Madura Channel sebagai TV Lokal yang bisa cepat berjaringan dengan Sindo TV, walaupun di Pulau Madura tidak ada TV lokal lainnya.

Acara di TV ini, hanya berfokus dengan wilayah Madura. Tapi, TV ini sudah berjaringan dengan Tempo TV dalam keadaan suplay (tidak relay). Cara Madura Channel untuk berjaringan dengan Sindo TV sangat mudah sekali. Hanya tinggal ganti logo baru dan pasang prabola disana. Dan jika Madura Channel bisa siaran berjaringan Sindo TV, acara - acara di sana jangan dibuang ke sampah. Karena acaranya sangat bagus, berguna, unik, dan menarik perhatian.

Semoga KPID Jawa Timur dan pihak Sindo TV bisa menentukan TV Lokal di Jawa Timur yang mana bisa berjaringan langsung dengan Sindo TV. Jadi jika 3 TV lokal ini mulai siap berjaringan dengan SINDO TV dari sekarang, kita punya 4 Sindo TV. Yaitu , MHTV Surabaya , Dhoho TV Kediri , Gajayana TV Malang , dan Madura Channel. Jika 3 TV ini tidak bisa ya tidak apa - apa, karena di Surabaya sudah ada MHTV Surabaya yang sudah berjaringan dengan SINDO TV sejak 2008 (waktu itu SINDO TV bernama Sun TV) hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar