Sabtu, 31 Agustus 2013

Profil TV : KOMPAS TV

                                            KOMPAS dan TV Lokal

Siapa yang tidak kenal KOMPAS? Ya, benar. TV yang mengudara pada 9 September 2011 lalu, ini menggantikan tugas TRANS 7 yang dulu adalah TV punya KOMPAS GRAMEDIA dan kini dipegang oleh CT CORP.

Rasanya Kompas menjadi koran ke-3 yang punya TV. Sebelumnya ada Media Indonesia dengan METRO TV. Kemudian, Jawa Pos dengan Jtv di Surabaya. Ketiga, ya Kompas dengan TV7. Sayang Kompas melepas TV7 karena posisinya yang berjalan menuju ketumbangan.

Ini cuma sekedar apa yang saya rasakan dan apa yang saya baca sebelum KOMPAS TV benar-benar meluncur ke udara kota-kota Indonesia.

Katanya seseorang di blognya, dulu TV7 itu melambangkan sang pemilik Kompas, Jacob Oetama. Logo TV7 yang menunjukkannya. Tulisan TVnya kecil. Kemudian 7, orang sering mengasumsikan 7 sebagai huruf “J” karena kita biasa menekan huruf J pada kata Tujuh. Kemudian lingkaran yang melingkari angka 7, nelambangkan huruf O. Maka, makna logo TV7 adalah stasiun TV milik Jacob Oetama. Ulang tahunnya 25 November, ulang tahunnya Jacob Oetama. Jadi TV7 memang punya Jacob Oetama. Ini katanya lho.

Kalau mau diasumsikan dengan cara yang sama, maka sekarang kita lihat logo TRANS|7. Kata TRANS, menunjukkan perusahaan yang menaungi stasiun televisi itu. Garis vertikal, bisa diasumsikan sebagai nama dari Dirut TRANS TV waktu itu, Ishadi SK. Kemudian, angka 7 tetap sebagai huruf J. Artinya, TRANS|7 adalah stasiun televisi yang berada dalam naungan TRANS Corp yang mana stasiun televisi itu dimiliki bersama oleh Ishadi SK (51%) dan Jacob Oetama (49% lewat Kompas). Dan karena yang menaungi adalah TRANS Corp, maka ulang tahunnya bersama dengan TRANS, 15 Desember.

Katanya lagi (kalau yang ini benar-benar pendapat orang yang ditulis di twitter), KOMPAS TV ini merupakan bentuk penyesalan si empunya Kompas karena kehilangan TV7.

Sedikit berita, KOMPAS hadir di Kupang via afb TV dan Bengkulu via Bengkulu TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar