Sabtu, 31 Agustus 2013

Opini : Membayangkan Jika TRANS TV & TRANS 7 Adalah TV Berita



                                                           Logo Grup Trans Corp (TRANS TV , TRANS 7 , dan detik)


Ini bukan kisah fakta di lapangan. Hanya sekedar opini saja. Kabar ini bukan secara nyata.

CT Corp , (Chairul Tanjung) Corp adalah sebuah perusahaan kecil , tempat tinggal dari TRANS TV , TRANS 7 , dan detik. Kabarnya dalam waktu dekat, CT akan memilih TRANS TV dan TRANS 7 sebagai TV berita pertama yang dipegang oleh CT Corp.

Jika CT ingin benar - benar memilih TRANS TV dan TRANS 7 sebagai TV Berita, kemungkinan semua acara non-berita di 2 TV ini akan dibuang ke sampah. Apalagi beberapa hari yang lalu, Opera Van Java di TRANS 7 sudah berganti tampilannya. Mulai dari studio , set panggung , dsb. Yang sungguh serius jika 2 TV ini adalah TV Berita, wajar acara beritanya harus diperbanyak terus. Tapi, tidak mungkin TRANS TV dan TRANS 7 100% berita semua. Mungkin ada juga entertainment , pengetahuan umum , travel , dan seterusnya.

Saya juga pernah melihat di sebuah blog, ada yang pernah mengatakan "tapi kok baik Trans TV dan Trans7 kurang News-nya? Hanya 2 TV Nasional ini yang gak punya News Ticker, saya berharap kalau Reportase dan Redaksi ganti muka sudah memiliki Newsticker dari Detik seperti halnya pada Kompas (Kompas.com) dan Global TV (Okezone.com).

Tapi yang paling saya harapkan itu dari Trans7 karena News-nya lebih bagus dari Trans TV memiliki review Harian Detik (E-Paper) seperti halnya pada Metro TV (Editorial MI) dan Kompas (Ulas Kompas).
Tapi, Kalau masih gak ada, buat apa beli Detik? Di TV-nya aja terkesan tidak dipakai".

Saya juga setuju dengan usulan itu, walaupun begini, detik harus siap mendirikan detik news di TV FTA (Free To Air) , digital , dan antena terrestial. Dengan alasan seperti itu, detik news bisa membantu TRANS TV , dan TRANS 7 membuat banyak acara berita.

CT Corp harusnya mampu membuat TRANS TV , dan TRANS 7 itu sebagai TV Berita. Dengan memperbanyak acara berita, TRANS TV dan TRANS 7 bisa menampilkan newsticker di semua acara. Apalagi, ketika Reportase di TRANS TV sekarang, sudah muncul newsticker dari detik. Sedangkan ketika Redaksi di TRANS 7 berlangsung, tidak ada newsticker. TRANS 7 memasang newsticker hanya pada saat Quick Count Pemilihan Gubernur saja.

Semoga pada 15 Desember 2013 nanti, TRANS TV dan TRANS 7 saya anggap resmi sebagai TV Berita, tepatnya pada pukul 00:00 WIB di waktu itu. Dan berdoa saja agar detik mendirikan TV Berita pada hari itu juga, dengan nama detik news.


2 komentar:

  1. ini saya cuma bercanda saja lho...
    ya bikin saja Detik TV atau Trans News atau Trans 1 atau Trans 24. kalu ke-2nya di perbanyak berita atau dirubah total seperti halnya stasiun tv milik tetangga sebelah kemungkinan akan terhapusnya misi awal Trans TV sebelum resmi mengudara. hehehe...

    BalasHapus
  2. Pasti saya setuju. Karena, Trans TV / Trans 7 bisa siaran 24 jam setiap hari. Anehnya, mengapa siaran lokal Trans Media di luar Jakarta, isinya dokumenter? Saya anggap nanti banyak acara dunia informasi di sana + yang di bironya, bisa menayangkan siaran berita daerah dengan jam yang sama. Hehehe... Maaf kalau balas sekarang (karena kantor saya sedang libur hingga besok).

    BalasHapus