Kamis, 19 Desember 2013

Logo Baru TRANS TV & TRANS 7

Assalamualaikkum.wr.wb. Mungkin di antara anda yang sering berada di blog ini, saya ucapkan terima kasih sebanyak - banyaknya. Kenapa saya meninggalkan blog ini selama 3 bulan terakhir? Jawabanya adalah banyak pekerjaan di rumah. Nah, baru hari ini saya aktif di blog ini.

                                                  Logo Baru TRANS TV & TRANS 7 sejak 15 Desember 2013

Pada, 15 Desember 2013, tampak ada sesuatu dari dunia TRANS CORP. Ya, Ini adalah logo baru on-air dari TRANS TV & TRANS 7. Bertepatan pesta "12 TRANS Untuk Indonesia", sekitar pukul 21:00 WIB, inilah logo TRANS TV & TRANS 7 dilaunching dari SICC-Sentul, Jakarta.

Saya baru mengetahui logo baru ini, beberapa jam sebelum "12 TRANS Untuk Indonesia". Tepatnya, ketika acara INSERT. Waktu saya melihat di acara tersebut, kebetulan ada 2 orang presenter Insert yang sudah menggunakan seragam TRANS TV dengan logo barunya. Tidak hanya di situ, logo itu juga terlihat di beberapa acara lain di TRANS TV & TRANS 7. Sayangnya, saya tidak mengetahuinya.

Selain logo, terdapat pula penampilan baru. Mulai desain promo program , Station ID , hingga tampilan adzan Subuh/Maghrib dari dua televisi tersebut. Namun, sekitar seminggu sebelum "12 TRANS Untuk Indonesia", logo itu telah masuk ke twitter. Selain itu, ada juga Station ID TRANS TV & TRANS 7 yang baru, sudah di-upload ke Youtube, oleh pihak pembuat logo dan Station ID di 2 TV ini.

      
                                Logo lama TRANS TV & TRANS 7 pada 15 Desember 2001 - 15 Desember 2013.

Sedangkan yang satu ini, hanyalah tinggal kenangan. Mengapa? Karena, logo tersebut dipakai hampir 12 tahun di layar kaca pemirsa. Logo ini memiliki lambang khusus.

TRANS TV = Terinspirasi dari berlian. Kilaunya disebut sebagai kilau refleksi kehidupan dan adat istiadat dari berbagai pelosok Indonesia. Belah ketupat digambarkan sebagai bentuk berlian, dengan bagian atas bisa dibaca sebagai “T” dan yang bawah bisa dibaca sebagai “V”, sehingga jadilah TRANS TV.

TRANS 7 = logo TRANS 7 diambil dari warna batu safir. Persegi empatnya melambangkan ketegasan, karakter yang kuat, serta kepribadian bersahaja yang akrab dan mudah beradaptasi. Namanya sendiri memang perpaduan dari TRANS Corp dan TV7, dengan TRANS sebagai nama perusahaan, garis vertikal yang memisahkan TRANS dan 7, saya tafsirkan sebagai huruf I, Ishadi S.K., dan 7 oleh sebuah blog ditafsirkan sebagai J, Jacob Oetama (logo TV7 dulu ada lingkaran yang dilambangkan sebagai huruf O, membentuk inisial Jacob Oetama).

Secara garis besar, berlian dan batu safir oleh kedua televisi disebut sebagai sesuatu yang tidak akan pernah berakhir. Berlian disebut sebagai lambang keabadian oleh TRANS TV. Sedangkan warna batu safir oleh TRANS 7 dilambangkan sebagai keindahan yang tak lekang oleh waktu.

Sayangnya, ketika TRANS TV & TRANS 7 sedang menayangkan siaran lokal di Surabaya. Logonya masih belum diganti. Bahkan, sejak 5 Desember 2013 lalu, logo siaran lokal TRANS TV di Surabaya dan sekitarnya, berubah agak kecil. Selain itu, nama acara lokal dokumenter TRANS TV berubah nama. Dari nama "Pesona Jawa Timur" menjadi "Pesona Surabaya". Tetapi, isinya adalah rekaman dokumenter yang pernah dijadikan acara TRANS TV. Terlihat dari acara yang sedang ditayangkan. Contoh "Koper & Ransel". Di acara "Pesona Surabaya", logo acara yang direrun diburamkan.

Selain itu, promo program di siaran lokal TRANS TV Surabaya juga berganti. Dari awalnya promo program jadul (jaman dahulu) 2010, kini menjadi promo program TRANS TV 2013. Yang saya lihat waktu itu, Ada yang Mozaik Islam , Sketsa , Bagi - bagi Berkah , Sering Dibilang Gitu Sih , dan Ceriwis.

Semoga dalam waktu dekat, logo TRANS TV & TRANS 7 di Surabaya bisa berubah seperti di Jakarta. Terima kasih dan Wassalamualaikum.wr.wb.

7 komentar:

  1. Assalamualaikum...

    Saya kira logo tersebut akan dipakai pas ultah 2011 pas siaran langsung di Trans Studio Bandung. Tapi ternyata baru sekarang diganti & dipakai.

    Namun ada yang disayangkan mengenai warna biru dilogo ke-2nya. kurang cemerlang & sekarang sedikit kurang kecil ukurannya karena kalau menurut saya pribadi jika logo stasiun tv yang lagi mengudara tampil besar justru terlihat aggak mengganggu ditambah lagi ketika awal logonya berubah hingga detik ini kwalitas gambar/visul TRANS TV juga TRANS 7 mengalami penurunan (kurang tajam, kurang cemerlang & sedikit pucat) terutama pada torehan warna kulit manusia. Padahal dirumah saya menangkap siaran Trans melalui parabola fta c-band di satelit Telkom 1 tapi sayang sekarang kwalitas gambarnya sedikit kalah dari tv swasta berjaringan yang baru mengudara beberapa bulan saja. stasiun tv itu lho yang didirikan oleh mantan bosnya yg dulu berada di sana.

    BalasHapus
  2. Tempat saya tinggal, logo Trans TV & Trans 7 Surabaya belum ganti (saat siaran lokal) juga.

    BalasHapus
  3. Terima kasih banya kepada Trans yang telah mendengar keluhan kami sebelumnya, sekarang gambarnya sudah bagus kembali.

    Di tempat saya Sumedang-Jawa Barat logo ke-2nya langsung berubah, sama seperti yang di Jakarta/Bandung & Sekarang untuk beberapa program gambar Trans TV & Trans 7 sudah mulai membaik lagi & tidak pucat seperti sebelumnya baik itu siaran melaui parabola maupun antena uhf. Namun akan lebih indah kalau kejernihan gambar & suaranyanya lebih ditingkatkan lagi. Dan kapan ya Trans akan memulai siaran berkualita HD ?

    BalasHapus
  4. Bisa ditunjukkan Pak/Bu, gambar siaran lokal Trans Media Bandung secara lengkap (dari Indonesia Raya , nama paket konten , iklan , dll)? Di Surabaya, belum ganti loh.

    BalasHapus
  5. kenapa ada lambang iluminati nya si logo trans jadi curiga saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. WELCOME TO INDONESIA
      dimana bentuk segitiga disebut lambang iluminati

      Hapus
  6. ada file crd ga logonya

    BalasHapus